Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

RDS TV

News RDS

Agenda RDS

Zona Muslimah

Laporan S3 RDS

Kolom Kru RDS

Kru RDS

» » » Hot Isu - Gaduh Pengaturan Taksi Online


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pada 1 Februari mendatang Permenhub 108 tetap akan dijalankan sesuai rencana. Artinya aturan tersebut tidak akan dicabut sebagaimana keinginan para driver taksi online yang Senin kemarin menggelar demo.

Usai menemui pendemo di kantornya, Senin (29/1/2018) Budi Karya menjelaskan nantinya akan ada payung hukum tertentu yang akan disusun untuk menjembatani kepentingan para driver taksi online yang berkeberatan dengan poin-poin di dalam aturan baru.

Dia kembali menegaskan bahwa aturan baru taksi online berlaku 1 Februari, pihaknya tidak langsung menindak namun akan melakukan aksi simpatik terlebih dahulu.

Berdasarkan Permenhub 108/2017 yang menjadi kontroversi ini, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengemudi taksi online, di antaranya adalah keharusan kendaraan melakukan uji kelaikan kendaraan (KIR), memiliki SIM A umum artinya diupgrade dari SIM A menjadi SIM Angkutan Umum. Pengemudi juga harus memasang stiker tanda taksi online di kendaraannya.

Hal inilah yang ditolak oleh sejumlah sopir taksi online. Sebut saja Babe Bowie, salah seorang driver taksi online beralasan bahwa ada perbedaan mendasar antara taksi online dan konvensional. Ia mencontohkan, taksi online merupakan milik pribadi dan berpelat nomor hitam, penggunaan teknologi digital, biaya perjalanan yang sudah diestimasi sesuai jarak terukur, serta kenyamanan seperti mobil pribadi. Ia keberatan jika plat hitamnya diganti dengan plat kuning layaknya angkuta maupun mikrolet.

Berbeda dengan situasi pro-kontra di kalangan para pengemudi, para penyedia aplikasi taksi online seperti Grab dan Uber mendukung diterapkannya Permenhub 108/2017 tersebut.

Meski demikian, masih ada pro-kontra dari sejumlah asosiasi driver online dalam merespon permenhub ini.

Pendengar, bagaimana tanggapan anda sebagai pengguna layanan taksi online ini? Menurut anda apakah anda setuju dengan permenhub ini? Jika tidak, apa alasan anda?
Sampaikan opini dan tanggapan anda dalam Hot Isu Assalamualaikum Indonesia

Narasumber :
Koordinator Aliansi Nasional Driver Online  
Bang Baja






«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply